Cara-cara menggunakan kartu kredit yang harus diketahui oleh semua milenial – ESTOA

Cara-cara menggunakan kartu kredit yang harus diketahui oleh semua milenial


Advertisement


Advertisement


Banyak milenial yang baru saja menerima kartu kredit tidak mengetahui fungsi lengkapnya, dan cara yang benar untuk menggunakan kartu kredit.

Jika Anda baru saja menerima kartu kredit, atau sedang mempertimbangkannya, kami akan memberikan 7 tips yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Hadiah kartu kredit memiliki tanggal kedaluwarsa 

Banyak orang suka menggunakan kartu kredit saat melakukan pembelian karena mereka dapat dengan mudah mengumpulkan hadiah. Kemudian, uang yang terkumpul akan digunakan untuk menebus barangan dan juga baucer. Tetapi, banyak yang mungkin tidak tahu atau akhirnya lupa tanggal penukaran poin.

Advertisement



Jadi, lain kali Anda berencana untuk menukarkan reward kartu kredit, jangan lupa tanggal kadaluwarsanya. Kami merekomendasikan untuk mencari mata uang setiap tahun dan menukarkan item atau baucer dengan nilai tertinggi. Metode ini dapat mengurangi pemborosan mata uang kartu kredit Anda.

Advertisement


2. Tidak semua kartu kredit di luar kemampuan Anda 

Sementara beberapa kartu kredit premium memiliki biaya tahunan yang besar, ada banyak kartu kredit yang memiliki biaya tahunan nol, seumur hidup! Beberapa bank akan memberlakukan beberapa persyaratan untuk membebaskan biaya tahunan, seperti gesekan atau pengeluaran minimum dalam periode 12 bulan.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan biaya pembayaran, biaya transfer saldo, dan bunga yang dibebankan sebelum mengajukan permohonan kartu kredit. Ini adalah biaya tersembunyi di balik kartu kredit, dan semuanya bervariasi. Inilah alasan penting mengapa Anda perlu mengetahui biaya yang terlibat dan membuat perbandingan sebelum membuat keputusan apa pun.

Advertisement


3. Kartu kredit tidak boleh digunakan sebagai sumber pinjaman

Mereka dirancang untuk memberikan kenyamanan pembayaran dan penghematan tambahan melalui uang tunai atau hadiah. Namun, banyak milenial yang memanfaatkan fitur cash advance dan menganggapnya sebagai pendanaan cepat untuk menyelesaikan masalah keuangan mereka.

Jika Anda memiliki kebutuhan finansial yang bisa menunggu beberapa minggu, yang terbaik adalah mendapatkan pinjaman pribadi. Dengan suku bunga rata-rata antara 6% hingga 8%, pinjaman pribadi bisa lebih menguntungkan daripada menggunakan kartu kredit yang mengenakan biaya hingga 18% per tahun.

Advertisement


4. Jangan biarkan orang lain menggunakan kartu kredit Anda 

Jika Anda belum sadar, kasus penipuan dan pencurian kartu kredit cukup umum saat ini dan terkadang disebabkan oleh Anda. Jika Anda tidak berhati-hati dalam melacaknya, siapa pun bisa mengintip kode PIN Anda dan mencuri kartu kredit Anda setelah itu. Ya, ada langkah-langkah keamanan yang bisa Anda ambil, seperti segera menghubungi bank Anda, tetapi ini masih merupakan proses birokrasi.

Bahkan jika Anda memberikan persetujuan kepada teman, keluarga atau pasangan Anda untuk menggunakan kartu kredit Anda, Anda masih bisa dikenakan sanksi. Mereka harus mengajukan permohonan kartu tambahan, atau kartu baru untuk mereka sendiri. Namun demikian, Anda bisa membayar untuk sisi Anda dan mendapatkan bayarannya nanti.

5. Rencana cicilan kartu kredit tidak berarti limit Anda akan meningkat 

Apabila Anda membeli barang bernilai tinggi, Anda akan dikenakan biaya dengan harga penuh, bahkan jika Anda membayarnya menggunakan paket cicilan kartu kredit Anda. Artinya, Anda secara efektif akan berhutang uang kepada bank dan akan dapat melunasinya selama periode yang disepakati, seperti 12 bulan. Meskipun demikian, banyak orang yang salah mengartikan rencana ini dan menganggap mereka masih memiliki banyak batas kredit untuk diganti karena mereka hanya membayar dalam jumlah kecil setiap bulannya.

Jadi, pada saat Anda berencana melakukan pembelian besar, Anda perlu mempertimbangkan batas kredit yang tersisa dan kemampuan finansial Anda untuk mendanainya setiap bulan.

6. Tagihan kartu kredit tidak dibayar pada akhir bulan

Ada yang disebut ‘siklus penagihan’, yang bervariasi dari 27 hingga 34 hari. Anda harus membayar utang sebelum akhir siklus penagihan jika Anda ingin menghindari biaya bunga atau biaya keterlambatan. Namun, sebagian besar dari Anda mungkin terkejut bahwa siklus pembayaran kembali tidak harus di akhir bulan.

Contohnya, jika Anda mulai menggunakan kartu pada tanggal 20 Oktober, dan siklus penagihannya 27 hari, pembayaran mungkin akan dilakukan pada tanggal 16 November, bukan pada akhir Oktober.

Jadi, penting untuk menyimpan maksimal tiga kartu kredit, sehingga Anda tidak bingung di antara semua siklus setoran yang berbeda dan melewatkan pembayaran Anda.

7. Tidak menggunakan kartu kredit bukan berarti Anda akan memiliki skor kredit yang baik 

Sebaliknya, memiliki kartu kredit dapat membantu Anda mempertahankan skor kredit yang lebih baik jika Anda tahu cara menggunakannya dengan benar.

Hal ini karena jika Anda tidak memiliki riwayat kredit, bank sulit mengetahui kemampuan Anda untuk melunasi utang. Karena alasan ini, mereka mungkin menganggapnya sebagai risiko yang lebih tinggi untuk menyetujui pengajuan pinjaman kepada Anda daripada kepada seseorang yang memiliki kartu kredit.


Oleh karena itu, kami sarankan Anda mengajukan permohonan kartu kredit tanpa biaya tahunan dan menggunakannya untuk pengeluaran minimal seperti bensin atau pembelian sehari-hari. Selama Anda melunasi utang kartu kredit Anda tepat waktu, Anda akan berada dalam perjalanan untuk mencapai skor kredit yang cemerlang.

Semoga mulai sekarang Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja kartu kredit, dan juga bagaimana menghindari jebakan yang dapat menimpanya.

Klik sekarang pada tombol di bawah ini dan temukan pilihan kartu kredit terbaik di wilayah Anda. Beragam pilihan bagi Anda untuk menemukan kredit terbaik di pasar, peluang terbaik, dan yang paling sesuai dengan pendapatan Anda! Klik sekarang dan pelajari lebih lanjut.